Subkelas Kereta yang Dimiliki PT KAI

 

 

Mudik atau liburan ke luar kota akan terasa sangat menyenangkan dengan menggunakan kereta api. Kenapa kereta api? Karena, dengan menggunakan kereta api, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain tiket kereta api cuku terjangkau harganya. selain itu, dengan menggunakan kereta api, Anda bisa tepat waktu, karena kereta api terbebas dari macet. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tiket kereta api lebih cepat habis, apalagi menjelang lebaran, tahun baru dan musim liburan.

Dewasa ini banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memesan tiket kereta api, baik secara online atau offline. Banyaknya cara ini disebabkan karena banyak orang yang memilih kereta api, sehingga banyak sekali kemudahan yang bisa dilakukan. Bahkan, hanya dengan menggunakan handphone, Anda sudah bisa memesan tiket kereta api. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memesan tiket kereta api secara online. Keuntungan tersebut seperti bisa menghemat waktu dan pastinya bisa menghemat tenaga.

 

Selain memiliki banyak keuntungan, kereta api juga memiliki pembagian subkelas kereta yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai subkelas kereta, simak ulasannya berikut ini.

 

Pembagian Subkelas Kereta PT KAI

PT KAI memiliki pembagian subkelas kereta yang menyesuaikan dengan target pasar saat ini. Selain itu, pembagian subkelas ini juga dibedakan dengan fasilitasnya. Semakin lengkap fasilitas di salah satu subkelas, maka harga tiketnya juga semakin tinggi. Tentu saja hal ini sesuai dengan pepatah “Ada harga ada rupa” atau dengan kata lain, kualitas sesuai dengan harga yang dibayar.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai subkelas kereta api yang dimiliki oleh PT KAI, berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Kelas Ekonomi

Sesuai dengan namanya, kereta api kelas ekonomi ini memang harga tiketnya cukup ekonomis alias terjangkau. untuk kapasitas setiap keretanya berjumlah 106 penumpang. Adapun, fasilitas dari kereta kelas ekonomi ini yaitu colokan listrik, AC serta bangku sambung yang bisa ditempati hingga dua atau tiga orang penumpang.

Untuk segi kenyamanan kereta ekonomi ini lumayan dan tak senyaman kereta kelas eksekutif. Hal ini dikarenakan bangku di kelas ekonomi ini tegak yang tidak dilapisi dengan busa yang tebal. Selain itu, perbedaan dengan sub kelas lainnya yaitu, kereta kelas ekonomi ini memiliki stasiun yang berbeda dengan subkelas kereta lainnya.

  1. Bisnis

 

Kereta api kelas bisnis ini fasilitasnya lebih tinggi dari kereta ekonomi. Hal ini terlihat dari bangkunya yang lebih individu. Untuk tempat duduknya terdiri dari dua kursi yang terpisah, sehingga bisa lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Satu kereta bisnis ini terdapat 64 kursi penumpang. Sehingga jarak kaki ke tempat duduk di depannya lebih luas dan lebih leluasa. Tersedia juga fasilitas lain seperti AC dan colokan listrik. Perlu Anda ingat untuk semua subkelas kereta api, di larang merokok.

Meskipun kursi bisnis ini lebih unggul dari kereta ekonomi, namun kursi ini tidak bisa direbahkan sesuka hati layaknya kereta api eksekutif. Namun, jika Anda ingin merubah arah hadapnya, masih tersedia untuk kereta kelas bisnis ini.

  1. Eksekutif

Jika dilihat sekilas, kereta api bisnis dan subkelas memang terlihat sama. Namun, yang menjadi perbedaan yaitu kapasitas keretanya yang hanya menambung 50 penumpang untuk setiap keretanya. Hal ini disebabkan karena jarak antara kursi satu dengan kursi lainnya cukup jauh. Bahkan, kursi bisa direbahkan dan tentunya kursinya cukup empuk. Untuk merebahkan kursi ini hanya bisa sebatas 50 derajat.

Fasilitas penunjang lain untuk subkelas kereta eksekutif yaitu dilengkapi dengan bantal, selimut, colokan listrik, televisi per kereta, serta AC atau pendingin udara.

Kelas ekonomi dan kelas eksekutif memang memiliki banyak perbedaa. Jika kereta ekonomi jarak tempuhnya lebih lama, namun kereta eksekutif lebih cepat. Karena, kereta ekonomi selalu berhenti ketika melewati stasiun. namun, kereta eksekutif ini tidak pernah berhentni di setiap stasiun.

  1. Prioritas

Subkelas lain yang dimiliki oleh PTKAI yaitu kereta subkelas prioritas atau yang lebih dikenal dengan priority class. Kereta subkelas ini mulai diluncurkan pada agustus 2017. Perbendaan dengan subkelas eksekutif , kereta priorita ini cukup signifikan.

Kereta kereta prioritas ini memang sangat mewah. Karena, fasilitas pada kereta api ini bisa Anda nikmati secara pribadi. Adapn fasilitas yang bisa Anda nikmati sendiri yaitu tempa karaoke serta makanan ala carte.

Perbendaan yang lainnya yaitu terlihat dari sesain keretanya yang cukup mencolok dengan subkelas lainnya. desain  keretanya terlihat lebih eksklusif dan elegan karena di dominasi oleh warna coklat dan emas. Jika Anda menggunakan kereta kelas ini, pastinya perjalanan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

Apalagi setiap keretanya hanya menampung 28 penumpang. Jika dibayangkan, kursi kereta kelas ini seperti kursi yang ada pada pesawat yang memiliki tumpuan kaki, sehingga bisa Anda rebahkan sesuka hati.

 

Gerbong kereta wisata ini masuk ke dalam kereta kelas prioritas. Namun, untuk tiketnya harus di pesan jauh-jauh hari dan tidak dijual secara satuan. Dengan fasilitasnya yang cukup mewah, tiket kereta kelas prioritas ini memang cukup mahal. tapi, kereta kelas ini memang sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh seperti keluar provinsi. Dijamin perjalanan Anda akan sangat menyenangkan dan pastinya Anda akan betah didalamnya.

  1. Sleeper

Setelah meluncurkan kereta api kelas prioritas, kini PT KAI juga kembali meluncurkan subkelas Luxury atau yang biasa disebut dnegna kereta sleeper train. Kereta kelas ini merupakan kereta yang paling tinggai alias paling mewah.

Jika dibandingkan dengan jenis kereta lainnya, perbedaannya yang paling signifikan yaitu terlihat dari bentuk bangku. Karena, bentuk bangku pada kelas ioni menyerupai kelas bisnis pada bangku pesawat yang sangat mewah. Nah, jika Anda ingin menikmati perjalanan dengan kereta api yang lebih nyaman dan lebih privat, Anda bisa menggunakan kereta sleeper. Kereta bisnis ini bisa direbahkan sesuai dengan keinginan tombol otomatis.

Namun, kereta api kelas ini harga tiketnya cukup mahal. bahkan, setiap kursinya busanya sangat empuk jika dibandingkan dengan kursi kereta lainnya. sehingga, dengan kereta api ini, Anda bisa merebahkan kursinya, layaknya kasur.

 

Adapun fasilitas yang tersedia pada jenis kereta api kelas sleeper ini cukup lengkap dan mewah. Fasilitas lengkap tersebut seperti televisi layar sentuh dan earphone, colokan listrik universal serta USB charger. Selain itu, ftersedia asilitas lain sepert makan dua kali dalam perjalanan, minum, dan camilan. Dengan begitu, perjalanan jauh menggunakan kereta ini akan sangat menyenangkan dan nyaman sehingga akan betah di dalam kereta ini.

Demikian ulasan lengkap mengenai subkelas kereta yang dimiliki PT KAI. Selebihnya dalam pemilihan subkelas kereta api ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan Anda dan juga sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *